//
you're reading...
The Art of HRD

Tanggung Jawab Manajer Lini pada Karyawan

Manajer lini adalah orang yang paling bertanggung jawab atas para karyawan. Bukan saja atas nasib mereka, tetapi juga bertanggung jawab pada pengembangan pribadi serta peningkatan kompetensi mereka. Karyawan adalah aset utama sebuah perusahaan/ organisasi, bukan sekedar isapan jempol, tapi sungguh nyata.

Kadangkala manajer dikatakan sebagai orang yang menghabiskan waktu dengan membuat perencanaan, mengorganisasi, memberi motivasi dan mengendalikan. Namun, pengertian ini terlalu menyederhanakan makna yang sebenarnya, seolah-olah para manajer dapat mempersingkat pekerjaan mereka setiap harinya hanya dengan membuat perencanaan selama 30 menit atau melakukan pengorganisasian selama satu jam, dan seterusnya. Dalam praktik, pekerjaan para manajer sangat beragam, tergantung pada tuntutan akan situasi dan karyawan yang terkait. Jadi, tugas mereka bukan sekedar membagi tugas secara teoretis kedalam elemen-elemen yang sangat beragam. Ada baiknya menganggap manajemen sebagai sesuatu yang berkenaan dengan tugas-tugas:

  • Membuat segala tugas dan permasalahan selesai.
  • Menjaga momentum dan membuat segala sesuatu terjadi.
  • Mencari tahu apa yang sedang terjadi.
  • Bereaksi terhadap situasi dan masalah baru.
  • Merespon berbagai kebutuhan dan permintaan.

Tugas-tugas tersebut melibatkan para manajer untuk berhubungan dengan karyawan (hubungan antar pribadi), yaitu: secara internal dengan para atasan, rekan kerja, para anggota staf mereka; dan secara eksternal dengan pelanggan, pemasok, penasihat profesional atau para pejabat pemerintah pusat maupun daerah.

Seorang penulis ternama dalam bidang manajemen, Henry Mintzberg, telah menyarankan bahwa manajer harus memiliki:

  • Peran antarpribadi–berperan sebagai pemimpin, memberikan panduan dan motivasi serta menjaga jaringan hubungan dengan banyak individu dan kelompok.
  • Peran informasional–secara berkesinambungan mencari dan menerima informasi sebagai dasar tindakan, meneruskan/ mengedarkan informasi faktual, dan menyebarkan pedoman/ petunjuk kepada bawahannya dalam membuat keputusan.
  • Peran alokasi sumber daya –membuat berbagai pilihan mengenai penjadwalan, mengalokasikan berbagai tugas kepada karyawan dan memberikan wewenang/ kuasa untuk bertindak.
  • Peran “penanganan terhadap gangguan” — menangani situasi yang tidak terduga serta perubahan yang berada diluar kendali mereka.

Apa yang harus dilakukan mmanajer terhadap para karyawan?
Dalam berhubungan dengan karyawan, para manajer akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mengatur dan mengalokasikan pekerjaan
  • Mandapatkan karyawan yang tepat untuk pekerjaan tersebut
  • Memastikan bahwa karyawan mengerti apa yang dilakukan, mampu mengerjakannya dan kemudian memberikan hasil seperti yang diharapkan.
  • Mengembangkan keterampilan dan kemampuan
  • Memberi penghargaan pada karyawan dengan menggunakan metode-metode finansial maupun non-finansial.
  • Melibatkan karyawan dan berkomunikasi dengan mereka
  • Manangani berbagai isu dan masalah karyawan apabila muncul.

Referensi: Armstrong, M (1990) Management Processes and Functions, Institute of Personnel and Development, London.

Discussion

One thought on “Tanggung Jawab Manajer Lini pada Karyawan

  1. Tugas manajer sangat menantang. Thanks buat infonya.
    sekali-kali mampir ke blog saya ya🙂 di http://herymanajemen.wordpress.com

    Posted by Hery | 16 October 2012, 11:21 AM

Silahkan Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Topik

Time

Calender

October 2012
M T W T F S S
    Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: