//
you're reading...
Pemasaran

Penguatan Positioning Teh Botol Sosro Melalui Perubahan Tagline

logotehbotolsosroTagline merupakan bagian dari iklan yang bertujuan agar iklan tersebut mudah diingat oleh konsumen. Tagline dalam suatu iklan memegang peranan penting. Menurut Nuradi dkk. (1996: 56) tagline adalah kalimat singkat sebagai penutup teks inti yang menyimpulkan secara singkat tujuan komunikasi suatu iklan. Tagline ini merupakan suatu ungkapan pendek berisi pesan yang padat dan mudah diingat. Tagline ini bisa disamakan dengan slogan, atau jargon dalam iklan. Penggunaan tagline ini adalah untuk memperkuat kemampuan iklan dalam mengeksekusi (mencapai sasarannya) yaitu memengaruhi konsumen untuk menggunakan produk yang diiklankan.

Salah satu cara untuk memudahkan masyarakat dalam mengenal sebuahmerek adalah dengan menggunakan slogan atau tagline, tagline yang kuat akanmemberikan kontribusi terhadap kekuatan suatu merek. Pertama, tagline yang kuat,akan membantu suatu merek dalam meningkatkan awareness. Kedua, tagline dapatmemperkuat strategi positioning dari merek tersebut. Dengan menggunakan kalimatyang sederhana dan mudah di ingat maka tagline sudah dapat mewakili bagian yangpenting dari asosiasi yang ingin dikembangkan oleh suatu produk.  Kemudian menjadisulit adalah bagaimana membuat suatu slogan yang dapat memberikan arti dansekaligus memiliki nilai kreatifitas yang tinggi.

Menurut Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”.Maknanya, mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai. Dengan kata lain positioning adalah suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya.

PT. Sinar Sosro merupakan sebuah perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Dari  awal   produk  ini diluncurkan, memang  sudah menjanjikan. Ia menawarkan kategori  baru  yang belum pernah ada di Indonesia, bahkan di seluruh dunia: teh siap  minum dalam kemasan botol. Walaupun, mulanya banyak konsumen yang menganggap aneh, karena pada awal kemunculan produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk minum teh yang disajikan panas dan tidak dalam kemasan botol. Kemudian sosro melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh untuk meminum teh dalam kemasan botol dan disajikan dingin.  Kesadaran akan  produk dan pentingnya komunikasi  bermula dari sini. Teh Botol Sosro pun perlahan-lahan mengomunikasikan diri.    Tahun 1975-an, sosro memperkenalkan tagline pertamanya: Pelepas dahaga  asli.  Tagline ini  berhasil menarik  peminum  baru teh botol, sebagai alternatif pelepas dahaga dengan sasaran pasar saat itu adalah orang yang sedang melakukan perjalanan seperti supir dan pejalan kaki. Melalui  proses diferensiasi yang dilakukan, sosro membuahkan hasil yang baik, konsep yang ditawarkan sosro memberikan kemudahan dan fleksibilitas kepada konsumen. Teh botol sosro dapat diminum kapan saja dan dimana saja serta disajikan dingin dan dapat memberi kesegaran, dengan demikian positioning sosro pada saat itu sebagai satu-satunya minuman yang dikemas dalam botol yang dikenal oleh konsumen.

Selanjutnya, pada tahun 1985, tagline sosro berubah menjadi: Hari-hari Teh Botol. Perubahan ini juga disertai munculnya jingle: Hari-hari panas, hari-hari dingin, hari-hari teh botol. Pada saat itu perubahan ini pada dasarnya dilakukan untuk bersaing dengan Teh Cap Botol yang sedang laris. Tak ketinggalan pula masuknya produk selain sosro di pasaran yang juga sama-sama mengemas minuman teh dalam botol seperti produk Hi C yang merupakan produk dari Coca Cola serta Lipton Tea yang merupakan produk dari Unilever dan Aqua. Hasil akhirnya tak disangka bahwa Teh Botol Sosro bisa menjadi market leader. Walaupun tidak ada data penjualan yang diperoleh untuk mendukung kehebatan Teh Sosro namun Soetjipto Sosrodjojo yang bertugas sebagai juru bicara pada waktu itu mengakui bahwa produknya ternyata lebih laris dan semua itu tidak disengaja. Serta menurutnya hanya suatu kebetulan belaka: dikemas dalam botol, bermerek Teh botol dan baru satu-satunya di dunia.

Pada akhir tahun 1980-an sampai awal 1990-an, TVRI selaku saluran TV Nasional tidak diperbolehkan lagi menayangkan iklan. Sehingga, pada saat itu terjadi kevakuman komunikasi iklan yang dilakukan Teh Sosro, namun akhirnya pada tahun 1994, Sosro mendatangi MATARI advertising untuk melakukan dua hal, yaitu dengan mengganti nama generic Botol menjadi Sosro (nama Sosro dipatenkan sebagai merek induk, sekaligus sebagai merek penguat) dan meremajakan kembali target market Teh Botol Sosro yang sebelumnya sangat umum agar menjadi lebih muda. Hasil dari Matari advertising, adalah munculnya tagline baru yaitu Hari-hari Teh Botol dan terciptanya jingle baru pada tahun 1995 yang berbunyi: Hari selalu berganti, panas dingin ku tak peduli. Siang malam selalu oke, hari-hari Teh Botol Sosro.

Penggunaan jingle terbaru tersebut disambut disertai dengan meledaknya permintaan Teh Botol Sosro dan awareness iklannya sangat tinggi. Survei yang dilakukan PT Surindo Utama Januari 1996 memperlihatkan, awareness Sosro mencapai 93% dan ketika responden ditanyai versi iklan Sosro yang paling diingat maka versi terbarulah yang paling banyak diingat yaitu versi day to day.

Pada tahun 1996 pula muncul produk teh botol baru yaitu Tekita, produk ini didukung oleh perusahaan besar yaitu dari PT Pepsi Cola Indo Beverage serta punya diferensiasi kuat dengan isi 300 ml sedangkan Teh Botol Sosro hanya 220 ml. Sehingga untuk tetap dapat menarik pasar, Teh Botol Sosro mengganti tagline-nya menjadi Aslinya Teh. Tagline ini berusaha untuk memperkuat positioning Sosro di pasaran teh, dimana ia menginginkan bahwa masyarakat tetap menjadikan produknya menjadi satu-satunya produk teh asli dari Indonesia. Perlu diketahui, sampai pada saat ini slogan Aslinya Teh masih tetap dipergunakan.

Perubahan tagline PT. Sinar Sosro yang dilakukan pada tahun yang berbeda-beda bertujuan untuk memperkuat positioning. Tagline yang berbunyi “Ahlinya Teh” pada tahun 1997 memberikan kesan pada konsumen bahwa sosro merupakan ahlinya teh dari pada pesaing-pesaing yang lainnya. Pesan yang ingin disampaikan sosro yaitu, sosro merupakan ahlinya membuat teh sehingga merek-merek lain tidak ahli membuat teh. Sasaran yang sosro bidik dari tagline ini yaitu anak-anak muda dengan meluncurkan produk fruit tea.

Dengan bertambahnya saingan terutama dari coca-cola dengan produk freastea yang perlahan merebut pasar sosro, pihak sosro harus memikirkan strategi yang baik untuk mempertahankan produk sosro dipasaran. Sehingga tahun 2000 Teh Botol Sosro mengganti tagline dengan bunyi “Apapun makanannya, Minumnya Tehbotol sosro”. Tagline baru sosro membuat image baru pada sosro, biasanya customer setelah makan minumnya air putih atau teh hangat, kini mulai berubah kebiasaanya. Target pasar sosro pada tahun 2000 juga mengalami perubahan yaitu bukan lagi remaja tapi keluarga. Sehingga pemasaran yang dilakukan sosro pada saat itu lebih menekankan keluarga, anak dan bapak ibu. Dengan tagline baru, sosro mengembangkan strategi pemasaran dengan menggandeng restoran, warung makan, kedai untuk memudahkan konsumen mendapatkan Teh Botol Sosro.

Pada tahun 2008 komunikasi tagline sosro mengalami pergantian. Tagline yang berbunyi “Apapun, enaknya minum Teh botol Sosro” sekali lagi mampu menggebrak pasar. Keinginan sosro untuk menguatkan positioning begitu terlihat jelas dari tagline baru ini. Teh untuk siapa saya dengan aktifitas yang beragam, hal inilah yang ingin disampaikan oleh sosro melalui taglinenya. Sehingga, bukan hanya makan konsumen menggunakan produk PT Sinar Sosro ini, tapi saat berolahraga, belajar, bersantai semuanya dapat menikmati teh botol sosro.

Discussion

No comments yet.

Silahkan Tinggalkan Komentar

Archives

Topik

Time

Calender

November 2012
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930